Rabu, 23 November 2016

Kantor Studio Arsitek Clare Cousin

Hasil gambar untuk Kantor Studio Arsitek Clare Cousin
Kantor Studio Arsitek Clare Cousin

Apa itu kantor? Kantor adalah setiap tempat yang biasanya dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tata usaha, dengan nama apapun juga tempat tersebut mungkin diberikan. Tujuan Kantor sendiri adalah memberikan sebuah sistem pelayanan berupa komunikasi dan perekaman.

Fungsi Kantor

Kantor mempunyai beberapa fungsi di antaranya, yaitu menerima informasi, merekam informasi, mengatur informasi, memberi informasi dan melindungi aset/harta. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut mengenai beberapa fungsi kantor.

1. Menerima Informasi

Salah satu fungsi kantor yang pertama adalah untuk menerima segala macam bentuk Informasi, seperti surat, panggilan telepon, pesanan, faktur, dan juga semua laporan tentang segala macam kegiatan bisnis. Selain menerima informasi yang masuk,kantor juga memiliki fungsi untuk memperoleh informasi secara lebih lanjut yang nantinya mungkin akan diminta oleh manajemen.

2. Merekam Informasi

Fungsi kantor yang kedua yaitu untuk merekam/menyimpan informasi agar informasi tersebut dapat sesegera mungkin disiapkan apabila pihak manajemen memintanya. Rekaman atua record semua informasi harus disimpan untuk kepentingan hukum atau sebagai sebuah alat bukti. Disamping itu,rekaman/record juga disimpan untuk memenuhi kebutuhan sebuah manajemen dalam melakukan perencanaan dan pengendalian pada perusahaan.

3. Mengatur Informasi

Kantor berfungsi untuk mengatur segala macam bentuk dari sebuah informasi dengan cara yang sistematis agar informasi tersebut dapat dimanfaatkan/digunakan  oleh pihak yang membutuhkan secara maksimal. Sebagai Contoh, laporan dari sebuah kegiatan promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan cara menyajikan informasi dengan jelas dan dapat dibaca dengan baik. Laporan tersebut dibuat oleh pihak yang menggunakan informasi atau data yang sudah diatur secara sistematis didalam kantor.

4. Memberi Informasi

Kantor berfungsi untuk memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan. Apabula pihak manajemen meminta informasi,kantor memberikan informasi yang dibutuhkan berdasarkan data yang telah diterima, dihimpun, diatur dan disimpan. Sebagian informasi yang disajikan dapat bersifat rutin dan sebagian yang lain dapat bersifat khusus atau insidental. Informasi juga dapat diberikan secara lisan atau tertulis.

5. Melindungi Aset/Harta

Disamping yang fungsi yang lainnya, Kantor juga memiliki fungsi untuk melindungi aset atau harta. Segala macam bentuk informasi/data yang diterima oleh kantor adalah sebuah aset atau harta dari kantor tersebut. Kantor tidak akan berfungsi sepenuhnya jika dibatasi pada fungsi menerima,merekam,mengatur dan memberi informasi saja. Kantor juga harus dapat melindungi aset atau harta (informasi atau data), baik tepat penyimpanannya, maupun isi dari informasi atau data tersebut sehingga benar benar digunakan untuk kepentingan perusahaan dan informasi tidak jatuh kepada pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kantor Studio Arsitek Clare Cousin


Clare Cousins

Arsitek asal Melbourne, Clare Cousins dan timnya baru saja menyelesaikan renovasi sebuah ruang kantor yang ia pakai bersama dengan perusahaan lain. Warna hitam atau putih dipilih sebagai warna perabotan-perabotan interiornya menjadi penanda sekaligus pemisah ruang kantornya dengan ruang pengguna lain.


Dalam proyek ini, sang arsitek berupaya mempertahankan bentuk asli dan menggunakan kembali bagian - bagian yang masih bisa digunakan. Tantangan dalam mewujudkan proyek ini yaitu menciptakan lingkungan yang tidak kaku, sehingga dapat membangkitkan kesan orisinalitas. Kedua perusahaan ingin mempertahankan nuansa komunitas dengan menggunakan sebuah kantor bersama, sehingga dalam mengerjakan proyek ini, para arsitek berfokus untuk menciptakan area komunal yang dapat digunakan oleh staf dari kedua perusahaan.



Pintu masuk terpisah di kedua sisi dari gedung langsung menghubungkan ke ruang kantor arsitek serta kantor staf perusahaan konstruksi pembangun. Kedua area ini disatukan oleh sebuah dapur, area bersantai, dan teras eksternal yang juga bisa dimanfaatkan bersama.


Pintu geser diaplikasikan di bangunan kantor ini dan terintegrasi ke dalam dinding kaca dapur dan meeting area yang berdekatan yang mengarah ke teras. Teras menjadi salah satu area bersosialisasi di gedung ini.


Dek yang terdapat pada teras menjadi hal utama yang diwujudkan pada konsep bersama. Di samping dek teras, dapur juga digunakan secara bersama - sama. Fasilitas bersama ini tentunya menguntungkan kedua pihak dalam memenuhi unsur – unsur profesional, sosial, dan spasial.



Beberapa ruang yang memerlukan pemisahan akustik dalam kantor perusahaan konstruksi dibuat menggunakan partisi kaca guna memungkinkan cahaya matahari untuk memasuki ruangan. Guna memaksimalkan potensi cahaya matahari, skylight diinstal di langit - langit ruangan ini.


Dinding bercat putih menggabungkan panel - panel langit-langit dari kayu lapis dan untuk meningkatkan kecerahan ruangan.

 clare cousin office_19

Penggunaan warna - warna cerah seperti oranye dan biru disisipkan ke dalam furnitur yang mayoritas berwarna hitam dan putih. Hal ini menandai dua area berbeda guna mengakomodasi kebutuhan dua perusahaan tersebut.


 

 

Bahan kayu lapis digunakan untuk menciptakan kabinet dan dinding - dinding tinggi yang memisahkan area umum dan area mobilitas dari ruang kerja. Cara ini ditetapkan dengan tujuan untuk mengurangi biaya dan dampak ekologis yang ditimbulkan.

Keputusan untuk bekerja sama dan membangun sebuah kantor yang digunakan bersama telah memberikan alternatif yang berkelanjutan. Pendekatan yang dipakai dalam desain kantor ini secara praktis mampu menawarkan solusi kebutuhan kantor modern. Detail - detail konstruksi sangat diperhatikan namun tetap mengutamakan kesan  bersahaja dan simple guna mengurangi budget yang dikeluarkan dan menggunakan budget tersebut seefektif mungin. Proyek ini menghabiskan dana sekitar  $1200 per sqm, termasuk bangunan utama dan eksteriornya. Untuk proyek pembangunan bagian kantornya sendiri, studio arsitektur Clare Cousins Architects mengeluarkan $ 50.000 atau kurang dari $500 per sqm.

Sebuah kaca yang dulunya terdapat di bagian barat ruangan dihilangkan dan diatur ulang untuk pemasangan vertikal shading. Sebuah area yang yang cukup luas yang dikelilingi kaca meminimalkan penggunaan sistem mekanis dan memungkinkan para staf untuk meningkatkan pengendalian lingkungan termal.


Skylight berlapis ganda telah dipasang untuk memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan dan  secara signifikan mampu mengurangi kebutuhan akan pencahayaan buatan.

Banyaknya ruang-ruang bersama yang berlimpah, termasuk dapur, ruang santai, dan dek pada teras bisa dimanfaatkan oleh masing - masing perusahaan. Dengan ukuran ruangan yang lebih kecil, hal ini menyebabkan konsumsi energi menjadi berkurang dan interaksi sosial meningkat.

Insulation yang terpasang pada langit - langit yang baru dan perangkat shading eksternal secara signifikan mengurangi panas yang dihasilkan gedung ini. Dengan material dan fitur - fitur lain yang sebagian besar daur ulang dari kantor sebelumnya, hal tersebut memungkinkan terciptanya fleksibilitas dan sustainabilitas untuk sekarang dan di masa depan.

Sekian Analisa Kantor Studio Arsitek Clare Cousin, saya tidak menemukan gambar denah, tampak dan potongannya, yang ada hanya bagian dalam bangunan. Kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat.

Sumber: Architectaria, Clarecousins

0 komentar:

Posting Komentar